Bila anda ingin merakit sebuah PC komputer sebaiknya anda fikirkan dahulu akan di pakai untuk apakah komputer tersebut, hal ini bertujuan agar anda tak terlalu keluar banyak uang untuk membeli tiap komponen dari PC tersebut, yah walau sebenarnya harga tidak ngebohongi semakin tinggi spesifikasi komputernya maka semakin tinggi pula harganya tapi anda dapat mensiasatinya kalau masalah harga dengan cara membelin komponennya secara bertahap atau membelinya sesuai budget yang ada bila memang keperluannya mendesak. berikut ini ada solusi untuk anda bila anda ingin membeli komputer dengan budget minim:

1. Pastikan apa yang akan Anda lakukan dengan komputer Anda
Jika Anda berencana untuk menggunakan komputer Anda sebatas sebagai mengetik dan memainkan game-game kecil, mengapa Anda harus mengambil komputer dengan spesifikasi selangit ? selain itu sangat boros, penggunaan seperti itu akan menyiksa “kantong” Anda yang telah bersusah payah untuk menyimpan lembaran-lembaran uang yang Anda terima.Jadi,pikirkanlah apa yang akan Anda gunakan dalam komputer Anda.

2. Hindari “mitos” aneh
Tidak sedikit orang-orang menganggap bahwa AMD masih “jatuh” karena CPU-nya yang dianggap terlalu panas. Apakah itu benar?? SALAH! AMD sudah “bangkit” dari keterpurukannya,dan mencoba untuk menyaingi Intel sekali lagi dengan prosesor murah dan kuat . Tidaklah salah jika Anda mencoba untuk memasukkan AMD dalam rencana pembelian komputer baru Anda.

3. Graphic Card baru tidaklah selalu bagus
Buat para gamer yang mencoba untuk merakit PC baru,jangan mencoba untuk merakit CPU dari Video Card yang terbaru dan murah. Tidak semua Graphic Card yang baru selalu bagus,sebagai contoh nVidia GeForce 210. Jika orang awam ditawarkan Graphic Card ini tanpa penjelasan lebih lanjut,pasti ia langsung memesannya tanpa pertimbangan,dengan alasan bahwa Graphic Card itu keluaran yang terbaru. Tentunya itu hal yang fatal dalam membeli suatu hardware komputer . Sebaiknya Anda membaca review-review benchmark Graphic Card sebelum anda berencana membelinya.

4. Sisihkan uang untuk membeli UPS
Buat para pengguna komputer yang sering mengalami pemadaman di daerahnya,maka UPS merupakan salah satu hardware yang perlu Anda masukkan dalam perencanaan pembelian komputer. Mengapa? Karena komputer tidak pernah terbiasa mati mendadak,makanya selalu sisihkan sedikit budget Anda untuk membeli hardware ini.

5. Casing bagus belum berarti mahal
Terkadang membeli casing selalu dirasa terlalu berat.Kenapa? Karena bagian yang satu ini dianggap terlalu gampang untuk didapat. Hal itu memang benar,tapi apakah casing CPU itu selalu mahal? Tidak. Bahkan,dengan uang Rp 200.000,- Anda sudah mendapatkan casing standar dengan power supply standar.
jadi,usahakan mencari casing yang mumpuni untuk isi dalam komputer Anda.

6. Hindari “barang jadul”
Banyak konsumen komputer membeli komputer bekas dengan alasan budget. Ini tidaklah benar,karena “barang jadul” biasanya mempunyai beberapa masalah,apalagi kalau sudah dibeli dengan keadaan “tangan kedua”. Makanya,usahakan membeli hardware-hardware baru,sehingga komputer Anda lebih awet.

7. OS Asli bukanlah prioritas
Banyak konsumen yang menganggap bahwa OS atau Operating System haruslah yang mahal dan asli. Fenomena seperti ini sangatlah menyakitkan,apalagi buat para konsumen yang mempunyai budget minim.Lantas,bagaimana jalan keluarnya? Gunakanlah Linux. OS ini tidak membutuhkan bayaran apapun,dan menghindari pembajakan. jika Anda menginginkan OS Windows,maka Anda harus cermat memilih OS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidaklah menjadi sebuah keharusan untuk membeli Windows 7 Ultimate yang asli jika Anda ingin membeli komputer dengan harga murah,ya kan?

Bila anda tak ada waktu atau malas karena macet untuk datang ke toko komputer, anda dapat memesan langsung pada toko komputer online karena saat ini zaman sudah semakin canggih jadi anda tak perlu repot atau bingung untuk membelinya, demikian tipsnya semoga bermanfaat.